Senin, 18 Mei 2015

Tips mengcover lagu ke gitar fingerstyle

Gitar adalah alat musik petik yang yang terdiri dari 6 senar
dan setiap senar memiliki bunyi yang berbeda.
Gitar juga banyak digunakan untuk mengiringi sebuah lagu
tapi ada cara tertentu dalam bermain gitar dimana kita bisa memainkan lagu tanpa vokal atau dinyanyikan,teknik tersebut bernama fingerstyle.

Fingerstyle adalah teknik memetik gitar menggunakan 4 jari  (baca juga : Dasar dalam bermain fingerstyle )    yang bisa menghasilkan musik yang enak untuk di dengar, kita juga dapat mengubah atau mengaransemen ulang sebuah lagu menggunakan teknik fingerstyle ini.

Kali ini saya akan berbagi tips untuk mengcover atau memainkan sebuah lagu dalam perminan gitar fingerstyle yang tentunya mungkin akan membantu untuk anda yang suka bermain gitar khusunya yang suka main gitar tapi ga suka nyanyi  atau "menyanyikan" sebuah lagu dalam petikan-petikan gitar seperti saja seperti saya.

Oke berikut ini beberapa tipsnya :


1.Menggunakan Chord/Kunci Dasar

Jika sebuah lagu dimulai dari kunci A kita tidak harus memainkannya dari kunci A juga tetapi menggunakan kunci dasar seperti G atau C yang lebih mudah untuk di jangkau,ini bertujuan agar anda lebih mudah dalam memainkan melodi dan basnya secara bersamaan,untuk mengetahui susunan kunci dasar dari lagu yang kita mainkan kita bisa mengira-ngira atau menurunkan kunci dari lagu yang ingin kita mainkan, contoh lagu di mulai dari D bisa kita turunkan menjadi C atau misalnya lagi lagu tersebut dari kunci B minor bisa kita turunkan ke A minor dan seterusnya.

2.Menggunakan Capo

Tau apa itu capo?
Capo itu penjepit senar fungsinya untuk memudahkan kita memainkan kunci yang sulit untuk di jangkau contoh kita ingin memainkan kunci B kita hanya perlu menjepitkan capo pada fret 2 lalu kita tinggal mainkan kunci A di fret ke-2 setelah capo,maka itu adalah kunci B.

Jika tidak memungkinkan menurunkan Kunci dasar atau tidak bisa menebak kunci dasarnya maka digunakanlah capo untuk membantu anda menemukan nada dari lagu yang ingin anda mainkan.

3.Membaca partitur

Jika lagu yang anda ingin aransemen ke gitar tersebut mempunyai komposisi aransemen berupa not balok atau partitur akan lebih baik jika anda menggunakan not-not tersebut sebagai acauan dari nada yang ingin anda mainkan.Membaca partirur agak sedikit rumit,jadi bagi anda yang ingin belajar membaca partitur silahkan mencari guru musik yang bisa mengajarkan anda membaca partitur atau jika ingin belajar sendiri anda juga bisa belajar membacanya di internet.

4.Meniru Cover yang sudah ada

Ini adalah tips terakhir jika anda tidak bisa sama sekali membuat aransemen lagu,carilah cover lagu tersebut di Youtube,disana banyak sekali orang yang membuat video cover beberapa lagu populer, dan carilah tab gitarnya karena menurut saya membaca tab itu cukup mudah dan saya rasa anda yang membaca tulisan ini juga bisa membaca tab dengan sangat baik.

Oke mungkin hanya itu yang bisa saya tulis,semoga tulisan ini bisa membantu anda yang ingin mengaransemen atau meng-cover sebuah lagu untuk di mainkan pada gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar